Kamis, Mei 15, 2014

berburu kain katun batik dan polos

Berburu kain cantik - beberapa minggu yang lalu saya melakukan "perburuan" alias mengunjungi toko kain di salah satu sudut kota ini. ya tak cuma berkunjung tapi juga cuci mata :P bagi yang sudah kecanduan pasti tahu nikmatnya lihat-lihat kain hehe .... udah ngaku aja #eh

setelah puas cuci mata, pegang sana pegang sini (cuma bentar sih), saya pun memilih kain untuk dibeli. tujuan awal saya ke toko kain ini sebenarnya ingin membeli kain katun polos untuk kombinasi baju untuk kedua adik saya yang akan dibuat besok-besok.

dulu sebelum saya menggeluti dunia sewing alias jahit menjahit, ga paham tentang kain. kalau mau cari polos ya katun ero atau satin halus. ternyata fungsi katun ero itu untuk furing, ya pantes aja kalau kainnya ga tebel, semrawang kalau kata orang jawa. iya sih untuk kain kombinasi sah-sah aja, tapi lama kelamaan ga tega karena emang digunakan untuk bagian inner. dulu saya tahunya bahan furing itu ya asahi walaupun mbak-mbak di toko juga sempat bilang kain ero itu juga bisa untuk furing tapi ya itu, mahal.

ga cuma itu, ga semua kain satin itu bisa dipake untuk outer. kain satin ada yang tipis ada yang tebal. nah yang tipis itu digunakan untuk furing seperti halnya kain ero. tetapi ada juga kain satin halus yang setengah tebal yang bisa dipakai untuk membuat baju satu lapis. kain satin yang tebal ada beberapa jenis, tetapi yang baru saya tahu dan sempat saya pegang untuk dicek ketebalannya itu kain satin velvet. kain satin ini saya rekomendasikan untuk membuat baju satu lapis. kalau mau diberi furing kain ero juga bisa sebagai penyerap keringat pemakai.

karena kain ero itu untuk furing, sesuai rencana, saya membeli kain katun nikita warna merah muda dan ungu. namanya unik ya? harganya di antara harga kain katun jepang dan kain katun ero. it's okelah ya. walaupun tenunan benangnya tidak serapat dan setebal kain katun jepang, kain katun ini sudah cukup tebal menurut saya. beberapa kali saya membuat baju dengan kain nikita ini dan hasilnya tidak transparan. sayangnya beberapa warna kain tidak "berani", warnanya tanggung. contohnya kain katun nikita warna ungu yang saya beli, warnanya sebenarnya kurang tua, tapi masa mau beli selain kain katun, nanti ga bisa menyerap keringat, kan kasihan masih anak-anak. selain kain katun nikita, saya juga membeli kain katun minyak warna hijau muda. warna hijau muda yang ini benar-benar "menyala". kain terakhir yang saya beli di toko kain adalah kain batik prima warna cenderung merah. kain batik ini cantik, ada 4 varian warna : merah, abu-abu, oranye, dan coklat bata. jadi pengen beli warna lainya juga. ok, next time :)

nah yang batik warna hijau coklat saya beli secara online, ga tahu kenapa langsung suka motifnya. begini nih kalau udah suka sama yang namanya kain.

minat kain batik yang warna merah? contact me

#MAILme madeindhewe@gmail.com
#BBMme 73E0EDE4
#SMSme 0838 678 43 537
#WA by request


kain katun prima batik merah hijau dan kain katun nikita polos hijau ungu merah muda

kain katun prima batik merah hijau dan kain katun nikita polos hijau ungu merah muda

0 komentar:

Posting Komentar