Sabtu, Mei 17, 2014

modifikasi/permak baju sendiri

permak baju sendiri - berikut ini salah dua dari usaha permak baju sendiri. baju-baju di bawah ini saya permak / modifikasi karena ga enak dipake, bahannya yang tipis, juga kebesaran. inilah salah satu keuntungan dari bisa menjahit pakaian sendiri bahkan permak baju lama. seseorang yang bisa menjahit tidak harus jadi buruh jahit. menjahit bisa menjadi sebuah hobi maupun profesi.

dress dengan kain katun motif bunga biru terdiri atas 2 bagian, bagian inner yang tanpa lengan dan bagian outer bolero. dress ini memang sengaja saya desain berbentuk mirip hanbok, baju tradisional korea itu. ya sebut saja dress semi hanbok. maklum saja karena dress ini saya buat di awal-awal saya baru bisa membuat pola dan menjahit. bentuk inner yang tanpa lengan ini digunakan dengan kancing di bagian bahu kiri. sayangnya saya lupa tidak mendokumentasikannya jadi saya cuma bisa cerita saja. tak hanya itu, bagian inner saya permak gara-gara jenis kainnya yang tipis. setelah dirancang-rancang modifikasinya, akhirnya saya putuskan untuk memberi furing bagian dalam baju ini dengan kain katun ero. yippi untungnya saya masih punya simpanan kain ero. karena terlihat kosong, saya beri pemanis list di bagian bawahnya dengan cara dilipat sedikit demi sedikit. kain bagian atas (bahu) saya potong dan saya bentuk seperti baju kodok. saya cukup puas dengan hasil modifikasi baju ini, baju lebih enak dipakai dan lebih menarik. tak hanya itu dress ini bisa dipakai tanpa bolero, yaitu menggunakan kaos sebagai innernya, bisa kaos lengan pendek maupun kaos lengan panjang, bisa warna biru muda, biru tua, putih, merah muda, dll, tergantung selera. pada bagian bolero, saya permak sedikit, yaitu hanya mengurangi lebar pundak dan lebar badan saja. boleronya dibuat dari bahan katun nikita polos warna hijau toska.

permak baju dress blouse menjadi lebih enak dipakai dan menarik

untuk baju dengan kain semi hijau di bawah ini saya permak karena bahannya yang tipis, modelnya kalo saya pakai itu ga oke, dan kebesaran alias kedodoran karena bentuk badan saya yang "slim". kemeja ini dulu saya beli secara online. namanya juga online dan pesannya lewat webnya langsung. ya saya tidak bisa bertanya lebih lanjut apakah kainnya tipis atau tidak. sudah hampir 5 tahun saya belum pernah memakai baju ini. rencananya sih mau saya sumbangin saja, tapi kok sayang ya gara-gara sablonan bentuk pohon yang kece badai itu. nah berhubung sudah bisa menjahit ya saya modifikasi. bentuk awalnya seperti kemeja coklat yang paling kanan. karena tidak semua baju yang lurus itu tidak cocok dengan bentuk badan saya, akhirnya saya memutuskan untuk membuat 2 patahan, bagian atas dan bawah untuk bagian badannya. kain bagian atas saya lapisi dengan lapisan trikot supaya lebih tegak dan tidak membentuk "daleman". you know what i mean. kain bagian bawah saya beri furing yang nantinya akan diberi tambahan list warna merah dengan cara dilipat sedikit demi sedikit. kain bagian atas dan bawah saya satukan dan saya beri pemanis tali di bagian pinggang yang bisa ditarik sesuai yang inginkan. bagian lengan saya buat seolah-olah baju dipakai dengan inner padahal kenyataannya bagian lengan menyatu. yang saya sayangkan kain kemejanya sendiri itu mudah kusut. kain katun polos warna merahnya pun bahkan lebih parah. mungkin memang jenis. baju hasil modifikasi ini butuh ekstra perhatian karena harus 2 kali disetrika. namanya juga kain sisa. memanfaatkan bahan yang ada itu kreatif hehe .... ok besok lagi jangan beli kain polos ini lagi. kalau ga salah, namanya katun rami. untung di tokonya sudah tidak ada. :)

permak baju dress blouse menjadi lebih enak dipakai dan menarik

contact me


#Fanspage http://www.facebook.com/in.dhewe
#MAILme madeindhewe@gmail.com
#BBMme 73E0EDE4
#SMSme 0838 678 43 537
#WA by request

1 komentar:

  1. bermanfaat sekali artikelnya. kunjungi juga www.greenmommyshop.com menyediakan kosmetik alami tanpa bahan kimia.

    BalasHapus