Selasa, Desember 30, 2014

membuat kancing sendiri

alat bungkus kancing
yup, membuat kancing sendiri, membuat kancing bungkus. tentu saja ada alatnya. sudah bertahun-tahun lamanya saya "ngidam" alat bungkus kancing ini. saya pikir harganya sangat mahal sekitar 300 ribu, hihihi ....

setelah berbulan-bulan lamanya menabung dan memberanikan diri mengunjungi toko alat jahit, akhirnya saya memilikinya *ok, ini mulai lebai :)). alat dengan berat sekitar 5 kg ini ternyata harganya tidak lebih dari 200 ribu. harga ini harga di kota saya ya. entah juga harga di lain kota.

wow, kenapa tidak dari dulu ya saya membelinya? ya, mungkin belum rezeki saya *banyak alasan.

menurut embak-embak yang melayani saya, alat ini merupakan alat bungkus kancing yang paling bagus. ok, saya percaya saja karena alatnya memang berat dan besinya sangat padat.

matras alat bungkus kancing ukuran 28 dengan 3 jenis bentuk kancingnamun, jangan bahagia dulu! alat ini hanya alat untuk mengepres (menekan) kancing bungkusnya. tentu saja kita membutuhkan alat lain, yaitu matrasnya. ada banyak ukuran matras dan saya baru membeli ukuran 28 yang menurut saya tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. harganya pun berbeda-beda untuk masing-masing ukuran. ukuran 28 seharga 70 ribu. well, setiap matras mempunyai 3 varian kancing, yaitu gepeng (paling umum dipakai), bulat (untuk kebaya), dan lancip (yang ini saya kurang tahu untuk apa).

lempengan logam untuk membuat kancing bungkus sendiri
alat bungkus kancing dan matrasnya saja tidak cukup. saya juga harus membeli lempengan logam yang menjadi dasar kancing bungkus. dengan uang 20 ribu saya mendapatkan 1 bungkus yang berisi 100 lempeng kancing beserta tutup bagian bawahnya. yang unik adalah lempengan kancing ini dibuat dari logam-logam bekas seperti kaleng wafer dan sebagainya. lihat saja lempengan kancing di samping!

dengan alat bungkus kancing, saya bisa membuat kancing dengan kain motif atau polos yang saya inginkan. saya tidak perlu lagi berburu kancing ke sana ke mari yang cocok dengan baju yang sedang saya jahit. berburu kancing walaupun cukup menyenangkan, namun juga menyita waktu, uang, dan tenaga. dengan alat ini saya bisa membuat kancing yang saya perlukan dengan cukup berada di rumah saja. tidak hanya untuk baju, kancing bungkus ini bisa saya manfaatkan untuk mempercantik tas ataupun bros bunga kain.

well, mana kreasimu? :)

0 komentar:

Posting Komentar