Kamis, Januari 01, 2015

Cara Membuat Pola Dasar Pakaian

well, saya ingin sedikit cuap-cuap tentang cara membuat pola dasar pakaian. pola yang saya bagikan ini adalah pola versi saya ya. saya mohon maaf kepada banyak pihak apabila pola ini tidak sesuai dengan standar pola yang ada.

setiap orang yang sedang belajar menjahit, khususnya membuat pola, biasanya mempunyai kesulitan yang sama. yup! pola pakaian itu banyak sekali rumusnya. saya pun demikian. awal-awal belajar dulu membuat pola bisa sampai 3 hari, 1 hari untuk merenungkan pola, 1 hari untuk berpusing-pusing ria berkutat dengan rumus, dan 1 hari lainnya memastikan pola yang saya buat sudah benar. kalau seperti ini terus kapan saya bisanya? masa ya harus ke sana ke mari membawa buku pedoman membuat pola? ok, ini sangat melelahkan.

beberapa kali saya bertemu dengan penjahit. faktanya mereka tidak menggunakan rumus-rumus yang ada di buku. mereka membuat rumus mereka sendiri. "gimana caranya ya?", pikir saya. hari berganti hari saya pun mulai mengerti trik-trik yang ada di dalam rumus pola. karena menggunakan rumus yang ada di buku hanya menambah keruwetan yang ada pikiran, saya pun beralih mengukur baju yang sudah jadi dan yang nyaman dipakai. cara ini cukup berhasil menurut saya. saya tidak perlu menggunakan rumus yang tidak jelas asal usulnya seperti ada yang ditambah 2 cm dan ada yang ditambah 4 cm serta hasil jahit dari pola tersebut pun menurut saya sangat-sangat pas dengan bentuk badan alias "ngepres".

nah, saya akan berbagi pola pakaian dengan contoh ukuran S (pakaian orang dewasa). ukuran tersebut saya dapatkan lewat gugling. namun, pola ini hanya bisa digunakan untuk membuat pola kaos, kemeja, dan baju anak. kenapa? karena saya tidak menggunakan ukuran yang spesifik seperti lingkar pinggul, lingkar pinggang, kupnat, dan lain-lain sebagainya. pola bagian depan dan bagian belakang pun sama kecuali bagian krah sehingga jika ingin membuat pola kemeja pada umumnya, jangan gunakan rumus di bawah ini! pola lain akan saya bagikan di lain waktu.

pola dasar pakaian untuk kaos, kemeja, dan baju anak

kesimpulan saya, tidak ada pola pakaian yang salah di dunia ini selama hasil akhirnya pakaian nyaman dipakai. baju kaftan yang hanya berbentuk kain kotak pun bisa laris manis dibeli masyarakat. so, never give up! membuat pola pakaian itu mudah! :)

2 komentar: