Rabu, Februari 04, 2015

Permak Dress Batik yang Kekecilan menjadi Gamis Payung

permak dress batik menjadi gamis

punya baju yang kekecilan atau modelnya kurang bagus? permak aja bajunya seperti yang saya lakukan pada dress batik di atas. ukuran dress tersebut S sehingga hanya cukup dipakai oleh orang yang badannya kecil seperti saya. eit, tapi baju itu bukan milik saya. saya hanya bantu permak baju itu. dress batik di atas saya permak "habis-habisan" karena yang mau pakai baju itu badannya besar, bajunya berukuran XL. 

warna dasar dress di atas adalah biru toska tua. jahitan di baju tersebut hampir saya dedel semuanya *saya cukup selo ya? :)). akan tetapi, pada akhirnya kain di baju itu hanya cukup untuk kombinasi saja, yaitu untuk bagian depan gamisnya saja dan sisanya untuk pemanis di bagian pinggang, lengan, serta lingkar leher. wah, ini mah namanya jahit baju dari awal, mulai dari buat pola, potong-potong kain, sampai jahit lagi.

well, saya menggunakan satin velvet warna biru toska  dengan lebar 1,5 meter sebagai dasar gamisnya karena di toko kain tidak ada kain katun yang senada dengan dress batiknya. satin velvet ini tidak transparan dan cukup tebal. saya menggunakan pola lingkaran di bagian roknya, namun pola pola setengah lingkaran apalagi lingkaran, sehingga bagian rok gamis bisa mengembang dengan lebih natural. bagian bawah rok hanya saya lipat kecil biasa karena tidak mungkin dijahit sum dengan lebar lebih dari 2 cm. di bagian pinggang saya beri ban yang sisinya dipermanis dengan kain batik yang dirempel. ban di pinggang ini bisa dikerut sesuai bentuk yang diinginkan pemakai karena saya lengkapi dengan tali kecil dari sisa bahan batik. ujung-ujung tali ada di sisi kiri gamis. selain itu, di sebelah kiri juga ada rit jepang sehingga tubuh pemakai bisa keluar masuk gamis dengan lebih mudah. saya lengkapi gamis tersebut dengan saku samping di sebelah kanan.

hasil permaknya pun cukup memuaskan menurut saya meskipun hasil fotonya sedikit berbeda dengan baju aslinya karena efek lighting. rok gamis sangat lebar, hampir 3 meter, tidak sesempit dress sebelumnya, sehingga pemakai bisa "berlari" ke sana ke mari tanpa ribet. 

8 komentar:

  1. Mbak Nur, keren ih....
    Lulusan informatika, ujung-ujungnya jadi designer pakaian :D
    Padahal belajarnya dulu design software lho....

    Ummi salut abis deh, liat dari kemarin...
    Btw, why don't you try "google adsense"?
    kan lumayan buat tambah-tambah income....
    Iya sih kalo mau tekun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, mi, makasih ya :D
      gagal terus nih registrasi google adsense ^^'

      Hapus
  2. Mbak boleh nanya ga, aku beli baju baru, tapi karena ga boleh nyoba aku beli aja. Pas sampe rumah ga bisa d resleting di bagian dada. Ada ide ga dress A line ku ini jadi lebih gede di bagian dadanya. Thanks mba 😊

    BalasHapus
  3. Mbak boleh nanya ga, aku beli baju baru, tapi karena ga boleh nyoba aku beli aja. Pas sampe rumah ga bisa d resleting di bagian dada. Ada ide ga dress A line ku ini jadi lebih gede di bagian dadanya. Thanks mba 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. dear mb laxmi, ada beberapa solusi
      1. menambah kain di samping kanan kiri baju berbentuk segitiga (cukup di bagian atas saja), tapi otomatis bagian kerung lengan harus ditambah kain sehingga lingkarnya juga jadi tambah besar
      2. menambah ploi di bagian dada, kanan dan kiri
      3. menambah ploi di bagian belakang baju, tapi baju harus dipotong bagian tengahnya

      mohon maaf, gambar menyusul 😊

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Mbak mau nanya gmn ya kmrn beli gamis online pinggang nya sempit kira2 ada solusi ny gag. . Plssss

    BalasHapus
  6. Mba klo menambah volume lengan dan lingkar dada gmn caranya,krn beli baju sesek bnget didada,trs lingkar lengannya sesek,jadi pas tangan diangkat kyk susah bnget geraknya.

    BalasHapus