Jumat, Maret 13, 2015

Membuat Pola Rok Lebar Berdasarkan Pola Rok Klok

hai, hai, hai, i'm back. saya hadir kembali dengan tutorial yang "agak" rumit bersama Sewing for Dummies, hehehe .... umumnya orang-orang membuat pola rok model A, piyas (pola rok yang dipotong-potong), dan klok (setengah lingkaran atau satu lingkaran penuh). beberapa orang yang ingin membuat pola rok klok terkendala dengan biaya atau kondisi tertentu lainnya. tentu saja rok jenis ini membutuhkan kain yang cukup banyak dengan lebar 1,5 meter dan setidaknya memerlukan kain sepanjang 3 meter. saya pribadi sih belum pernah membuat rok klok, hemat *alasan yang cukup logis.

beberapa orang termasuk saya jika ingin membuat pola rok yang lebar, namun bukan rok jenis klok, biasanya mengutak-atik pola rok model A dengan menambah lebar miring yang ke samping kanan ataupun kiri. namun, apa yang terjadi? rok tidak bisa mengembang secara natural, bahkan terjadi tumpukan kain di sebelah kanan dan kiri badan. padahal rok yang diinginkan itu rok yang mengembang secara natural seperti halnya pada rok jenis klok. hasil dari tutorial ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pola rok piyas. hanya saja pola rok model piyas ini harus dipotong-potong dan kita harus menentuan jarak antarpotongannya dengan pintar. kan sayang kertasnya .... nanti kertasnya juga bisa hilang, tercecer .... *banyak alasan :P.

berikut saya ingin berbagi tutorial untuk membuat pola rok yang lebar berdasarkan pola rok klok. tutorial ini sebenarnya tidak terlalu rumit, hanya membutuhkan ketelitian dan ketelatenan saja :P. anda bisa menggunakan kain dengan lebar 1,15 meter atau 1,5 meter tergantung budget anda masing-masing. tutorial ini menggunakan bantuan lantai keramik untuk menghemat kertas. here we go ....

Membuat Pola Rok Lebar Berdasarkan Pola Rok Klok


Di bawah ini adalah hasil jahitan saya berdasarkan pola di atas yang bagian roknya mengembang secara natural dengan lebar kain yang digunakan adalah 1,5 m. meskipun lingkar rok bagian bawah tidak selebar rok model klok, lingkarnya sudah sangat lebar, trust me :P.



semoga bermanfaat. :)

33 komentar:

  1. Good job mbak, sayang gambar keterangannya kabur :( upload lagi please :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mb devvy, saya baru sempat membuka blog
      silakan diklik gambarnya saja, akan muncul gambar yang lebih jelas
      terima kasih, semoga bermanfaat :)

      Hapus
  2. Bagaimana jika bawah kain ada kepala rendanya, mohon di bantu ya mbak.

    BalasHapus
  3. Bagaimana jika bawah kain ada kepala rendanya, mohon di bantu ya mbak.

    BalasHapus
  4. Rendanya d potong dl aja mba. Pnjg rok d kurangi renda. Nanti tinggal d sambung

    BalasHapus
  5. Klw bikin klok serong ,max panjang pinggang brp ? Dgn panjang rok 105 cm

    BalasHapus
  6. saya belum pernah mengecek maksimal panjang pinggangnya :)

    BalasHapus
  7. Mba klu kain saya 2 meter ingin membuat rok mengembang natural dengan bidang 1.5 m dimana restletingnya mba..
    Saya bener2 bingung

    BalasHapus
  8. halo mb Aswindha Rizky, retsleting bisa ditaruh di belakang seperti biasa dengan catatan lebar bawah rok sekitar 140 cm saja. bisa juga ditaruh di samping kanan atau kiri sehingga bagian belakang hanya satu bagian saja kainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba..
      Kalau bakal kain hanya tersedia 1.15 m bisa dibuat rok mengembang juga mba..
      Dengan pola yg sama..
      Makasih ya mba jawabannya..

      Hapus
    2. maaf, ini maksudnya lebar kainnya yang 1,15 m atau panjangnya yang 1,15 m saja ya? saya sering buat bawahan gamis dengan lebar kain 1,15 m. memang tidak se-mengembang yang lebarnya 1,5 m, tetapi sudah bisa dipakai lari-lari. roknya pun cukup longgar pas dipakai mengendarai motor

      Hapus
    3. Mba..maaf mau tanya...jarak D -E itu lipatan kain bukan?kain saya motif searah,kalo dibikin lipatan nnti motifnya jungkir balik,apa itu bukan lipatan trs potong sebanyak 2 lembar?

      Hapus
    4. Iya, D-E lipatan tengah kain. Kalau motifnya searah, motong tetap searah ya, Kak. Jangan sampai jungkir balik. Risiko motif searah adalah boros kain kalau mau dibuat menggunakan teknik ini ...

      Hapus
  9. Assalamu'alaikum.
    Mba mau tanya nih. Sebenarnya mewakili teman sy. Kalau mau buat rok 1/2 lingkaran untuk orang yg berat badannya 65 kg dan tinggi 160 cm, butuh kain brp meter ya kalau lebar kain yg digunakan adalah 1.5 m?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikum salam, standarnya butuh 3 meter kain dan biasanya masih ada sisa (untuk kain polos). Karena saya tidak tahu lingkar panggulnya berapa, saya asumsikan temannya Mb menggunakan pakaian ukuran XL. Seharusnya kain 3 meter itu ada sisa sedikit. semoga membantu

      Hapus
  10. mba apakah kainya dilipat potongan kanan kiri atau potongan cm dibagian belakang maaf msh bingung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kain saya lipat supaya lebih hemat bahan, bagian belakang ada potongan

      Hapus
  11. mba, ini pola depan belakangnya sama aja?
    trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, pola ini depan belakang sama saja. untuk gamis yang pola depan dan belakang berbeda ukurang, biasanya rok bagian depan saya tambah lebarnya 1 cm, bagian belakang saya kurangi 1 cm dari pola atas sampai bawah

      Hapus
  12. Garis D-A itu =setengah lingkar pinggang ato 1/4 lingkar pinggang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Garis D-A 1/4 lingkar pinggang. Pas bagian D-A ini saya biasanya coba-coba. 1/4 lingkar pinggang saya kurangi 1-1,5 cm ....

      Hapus
    2. Berarti pola ini hanya utk satu bagian sja.. klo garis D A itu 1/4 ling. Pinggang.. sya pikit D A itu 1/2 ling. Pinggang

      Hapus
    3. Berarti pola ini hanya utk satu bagian sja.. klo garis D A itu 1/4 ling. Pinggang.. sya pikit D A itu 1/2 ling. Pinggang

      Hapus
  13. Kalo D ke A itu 1/4 ling. Pinggang berarti seharus.y O ke P itu 1/2 dari 72 cm

    BalasHapus
    Balasan
    1. O ke P tergantung lebar kainnya. Kalau lebar kainnya 115 cm, kain saya lipat jadi sehingga lebarnya jadi setengahnya, yaitu 57,5 cm. O ke P sekitar 50-55 cm atau tergantung kebutuhan lebarnya. Kalau lebarnya 150 cm, lipatan kainnya jadi 75 cm. O ke P sekitar 70-73 cm atau sesuai kebutuhan

      Hapus
  14. Halo mbak mau tanya, berarti ini hanya pola depan saja ya? Kalo mau bikin rok panjang 90cm berarti butuh panjang kain berapa meter ya? Terima kasih

    BalasHapus
  15. Mbak, saya kemarin buat gamis dengan rok a line dengan rumus seperti ini, tapi kenapa ya...kok jatuhnya di samping, nggak di tengah seperti pada gambar?

    BalasHapus
  16. dari O ke P atau dari A ke P brp cm mb?

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Pas banget buat solusi yg lebar kain cuma 1,5m. Makasih mbak...

    BalasHapus
  19. Kalau mau bikin dengan model elastic di pinggang, rumusnya tetap seperti ini mbak?

    BalasHapus
  20. maaf, saya mau memastikan, dengan panjang PQ yang hanya 72cm, bagaimana DE bisa sepanjang AB seandainya AB dibuat 100cm?
    Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  21. Mbak kalau lingkar pinggang 88 cm Panjang rok 100 cm. Lebar kain 1,5 m. Butuh berapa m kainnya?

    BalasHapus